View Single Post
Old 10-11-2011, 07:46 PM   #1
Runemaster
Runeimus Prime
 
Runemaster's Avatar
 
Join Date: Jun 2005
Location: Sentul City
Posts: 3,036
Rep Power: 16 Runemaster is on a distinguished road
Default [ SOUL CALIBUR V ] --Game Mechanic



Thread tentang informasi SC V bisa dilihat di sini

---------------
METER SYSTEM
---------------
Untuk pertama kalinya di SC game, sekarang game ini pakek sistem meter, kayak di game2 StreetFighter. Meter dipake buat "EX" moves yang disebut Brave Edge (BE) dan "super attack" yg disebut Critical Edge.

Sekarang, penggunaan Guard Impact (GI) pun memakai meter, jadi udah gak bisa lagi spam GI atau GI wars seperti di SC2 dulu. Nope, sekarang mesti ati2, dan rewardnya pun lebih gede. GI cost 50% meter, walaupun whiffed.

-----------------
SPENDING METER
-----------------
Meter bisa diisi sampai 200%, (2x full bar).
CE cost 100%, BE cost 50%, berarti kalau bar penuh, bisa CE 2x atau BE 4x.

BE diperform dengan pencet A+B+K, nambah serangan dari serangan biasa.
CE seperti jurus ultra di streetfighter, ada cinematicnya dan damage gede. Diperform dengan pencet 236236 A+B+K+G.

GI diperform dengan pencet 4 A+B+K, cost 50% walau whiff..
Moves yg punya auto GI gak cost meter.

-----------------
BUILDING METER
-----------------
Good meter build:
Landing hits, counter-hits

Moderate meter build:
Just-guard, ukemi, landing blocked attacks, guarding attacks, breaking throw (little meter gain).

ZERO meter build:
Throws

Losing:
Kalo musuh udah menang 2 ronde, lu otomatis dikasih +100% meter buat comeback. Kalo sebelomnya lu punya 25%, ya sekarang jadi 125%

------------
JUST GUARD
------------
Baru pada defense system di SC5 adalah Just Guard.
Just guard diperform dengan pencet G disaat yg tepat. (Jadinya bukan holding G). So, mungkin bakalan mirip parry di SF3. Tidak seperti Guard Impact (GI) yg butuh meter, JG tidak butuh meter dan malah menaikkan meter bila diperform, memberi frame advantage, dan tidak mengurangi Soul Gauge. Seberapa sulit melakukan JG ini masih belum tau.

---------------
GUARD IMPACT
---------------
GI kini berbeda dengan GI di game2 SC sebelumnya. GI kini diperform dengan 4+A+B+K, dan menggunakan 50% meter, bahkan walau whiffed. GI kini bisa me-repel High, Mid, Low, Unblockable attacks & bisa connect dalam frame window yang lebih besar dari GI-GI sebelumnya. Juga melakukan GI dapat melukai Soul Gauge lawan.


---------------
GUARD BURST
---------------
Mengambil konsep yang sama seperti SC4, SC5 ada guard gauge nya yg berkurang pelan2 kalo kita ngeblock.
Kalo kebanyakan ngeblok dan break, karakter kita kena bakalan kena stun yg parah.
Ini disebut Guard Bursting.

Kalo di SC4, ini adalah kesempatan melakukan critical finish, maka disini kita dikasi kesempatan buat melakukan free damage selama musuh sedang kena stun parah selama 30 frame. Untuk mempermudah, kita dikasih hint; begitu kita berhasil guard bursting, game akan masuk ke slow motion, memberi tanda kepada kita kalo musuh lagi vulnerable. Silakan di rape.

Guard Bursting menggunakan indikasi warna pada lifebar, apakah bahaya di Guard Burst apa enggak.
Yellow flash: Close to Guard Burst
Red flash: In big danger of Guard Burst

Sepertinya SC5 di desain untuk aggresive play (GI jadi pake meter, guard burst) dan nge reward players buat melakukan hal2 teknikal kayak ukemi, just guard, etc.


----------------------
MULTI-TIERED STAGE
----------------------
SC5 sekarang juga punya multi tiered stage kayak Tekken, tapi implementasinya beda. Kalo di Tekken, diimplemen ditengah2 stage, jadi bisa menjadi part of gameplay combo, tapi enggak di SC5.
Di SC5, di beberapa stage yg multi tiered, kalau P1 me-ring out P2, maka pada ronde berikutnya P1 akan ikutan terjun ke bawah dan melanjutkan fight ronde berikutnya di stage bawahnya.

Jadi lebih ke segi estetis aja, gak ngaruh ke gameplay, animasi pindah stage akan diperlihatkan di transisi perpindahan ronde.


-------
Info ini diambil dari build TGS, jadi masih belum final dan masih bisa berubah.
Discuss!
Runemaster is offline   Reply With Quote