View Single Post
Old 10-12-2013, 11:56 PM   #7
XtiaN
Indotekken.com
 
XtiaN's Avatar
 
Join Date: Jun 2005
Location: Jakarta
Posts: 13,803
Rep Power: 10 XtiaN is on a distinguished road
Default

Ada Review Mad Catz Fighstick Pro nih dari Kotakgame

Mad Catz New Arcade FightStick PRO


Halo Kotakers! Kembali bersama Kru KotGa dalam review/unboxing peripheral gaming. Salah satu produk unggulan dari Mad Catz adalah Arcade Stick. Bagi gamers yang menyukai game ber-genre fighting di konsol dan sering kali ikut serta dalam turnamen yang menggunakan mesin arcade sebagai medianya, maka sebagai simulasi bermain, gamers membutuhkan pengalaman bermain seperti di mesin arcade agar tidak canggung saat berpindah dari bermain di konsol dengan bermain pada mesin arcade saat turnamen.


(Xian VS Tokido di EVO 2013 menggunakan Arcade Fightstick Pro)
Bermain game di mesin arcade membutuhkan biaya yang cukup besar. Sebagai salah satu solusinya adalah dengan menggunakan arcade stick sebagai kontroler saat bermain game fighting di konsol. Menggunakan arcade stick saja tidak cukup, karena gamers juga harus merasakan pengalaman bermain di mesin arcade yang lebih nyata sehingga membutuhkan arcade stick yang kualitasnya setara dengan kontroler di mesin arcade.



Kali ini, kru KotGa bersama dengan salah satu anggota dari komunitas INDOTEKKEN yaitu Leonardo (LEE_YO), akan mengulas tentang arcade stick dari Mad Catz yang dinamakan New Arcade FightStick PRO. Bagi gamers yang sudah pernah melihat Street Fighter X Tekken Arcade FightStick PRO, mungkin sudah tidak asing lagi dengan bentuknya, karena perbedaan yang dihadirkan pada New Arcade FightStick PRO ini hanyalah pada desain sticker-nya saja.

Saat membuka kemasan New Arcade FightStick PRO ini, gamers akan langsung melihat satu unit arcade stick, buku panduan dan satu set sticker logo Mad Catz.


Dilihat dari desain, New Arcade FightStick PRO ini tidak jauh berbeda dengan arcade stick kebanyakan. Lokasi d-pad dan button sama seperti di mesin arcade. Hanya saja, ada beberapa fitur tambahan yang terdapat pada kontroler ini yang letaknya berada di pojok kanan atas yaitu turbo, analog switch, lock dan tombol Home. Dikarenakan kontroler ini tidak hanya diperuntukkan untuk game fighting, maka gamers bisa mengkreasikan penggunaan kontroler sesuai dengan fitur yang ada.


Tombol turbo digunakan untuk meningkatkan kecepatan repetisi dari tombol yang dipilih, apabila tombol ditahan. Untuk melakukan penyesuaian tombol turbo, gamers bisa menahan tombol tersebut lalgu menekan tombol yang ingin dijadikan turbo. Apabila proses tersebut berhasil, maka lampu indikator yang terletak di sebelah kanan tombol turbo. Posisi dari lampu indikator itu menunjukkan posisi dari tombol pada kontroler. Terdapat 8 tombol yang ada pada kontroler ini dan semuanya bisa gamers jadikan tombol turbo.

Untuk mengubah tombol turbo ke mode normal, lakukan hal yang sama seperti saat mengubah tombol normal ke tombol turbo yaitu tahan tombol tubro, kemudian pilih tombol yang dibubuhkan tombol turbo untuk dinormalkan kembali. Apabila proses berhasil, maka lampu indikator pada fitur turbo akan mati.


Selain fitur turbo, kontroler ini juga memiliki fitur analog switch yang terletak pada pojok kanan atas. Fungsinya adalah mengubah fungsi d-pad menjadi analog kiri atau kanan, layaknya di joystick biasa. Terdapat 3 jenis simbol yang ada pada fitur analog switch ini yaitu LS, DP dan RS. LS adalah simbol untuk mengubah d-pad agar berfungsi seperti analog kiri joystick. RS adalah sambil untuk mengubah d-pad agar berfungsi seperti analog kanan joystick. Untuk mengembalikan fungsi d-pad ke mode normal, gamers bisa mengarahkan switch ke simbol DP.

Satu fitur yang tidak kalah berguna adalah lock. Fitur itu berfungsi untuk men-disable tombol-tombol yang terdapat di bagian pojok kanan atas kontroler. Dengan mengaktifkan fitur lock, gamers tidak bisa menggunakan tombol turbo atau mengaktifkan tombol Home. Hal ini berguna untuk menghindari tombol tersebut agar tidak tertekan saat gamers sedang asik bermain. Lokasi tombol Start dan Select berada pada bagian belakang kontroler, yang mana kedua tombol itu diposisikan dibelakang untuk menghindari tertekan secara tidak sengaja, saat gamers sedang bermain.




Material dan komponen yang digunakan pada kontroler inilah yang menjadikan New Arcade FightStick PRO menjadi spesial, karena yang digunakan pada kontroler ini sama seperti yang digunakan pada mesin arcade. Beban yang diberikan untuk tombol kontroler sangat pas, tidak berat atau kesat saat ditekan. Untuk beban d-pad juga ringan, tetapi tetap kembali dengan cepat ke posisi normal apabila tidak digerakkan.



Mengenai beban, kontroler ini memiliki beban yang cukup berat. Ada 2 pendapat mengenai beban yang diberikan pada kontroler ini yang bisa dikatakan sebagai kekurangan dan keunggulan. Mengenai kekurangannya, mungkin jika dibawa pergi, beban yang diberikan cukup berat sehingga saat membawa menjadi cukup melelahkan. Namun menjadi keunggulan karena beban yang berat itu menjadikan kontroler ini tidak mudah bergeser ketika gamers menggunakannya dengan aktif.


Menurut Leonardo, ada 5 keunggulan yang diberikan pada New Arcade FightStick PRO ini, jika dibandingkan dengan arcade stick normal, yaitu:
  • Fitur yang lebih lengkap karena ada tambahan fitur turbo, lock dan home.
  • Posisi tombol Start dan Select ada di belakang, sehingga mengurangi kemungkinan tertekan saat sedang bermain.
  • Ada tempat menyimpan kabel di bagian belakang kontroler sehingga kebel-kabel lebih rapi.
  • Kabel kontroler yang cukup panjang sehingga jarak antara kontroler dengan konsol bisa cukup jauh, dengan pergerakan yang sangat bebas layaknya wireless.
  • Beban yang cukup berat, dengan bantalan karet pada alasnya sehingga tidak mudah bergeser saat digunakan.
Mengenai desain kontroler terbaru Mad Catz ini, Leonardo juga mengatakan bahwa membawa kontroler ini ke turnamen, akan membuat lawan menganggap gamers sebagai gamer pro, jika dibandingkan dengan gamers yang hanya membawa joystick konsol biasa. Desain sticker Mad Catz pada kontroler ini tidak menjurus pada game tertentu, sehingga tampak lebih umum.


Kru KotGa dan Leonardo

Terakhir adalah pendapat Leonardo mengenai palm rest yang terdapat pada kontroler ini. Bentuk yang menurun membuat palm rest di kontroler ini beda dengan kondisi meja arcade yang datar. Walaupun seperti itu, Leonardo mengatakan bahwa hal tersebut sangat relatif, tergantung dari kenyamanan gamers yang menggunakan New Arcade FightStick PRO ini. Namun setelah kru KotGa analisa, palm rest yang didesign oleh Mad Catz agak menurun memang untuk kenyamanan tangan gamer (enorgomis) agar bisa relaks dengan santai dimana jika posisi full datar, maka pergelangan akan sakit (posisi tangan kita berbeda ketika bermain di console dengan di arcade). Posisi bermain kita di console yang menaruh arcade stick di pangkuan berbeda dengan posisi ketika bermain di arcade. Ketika arcade stick kita pangku di atas paha, maka otomatis posisi pergelangan tangan kita dibawah sehingga akan pas jika posisinya menurun. Hal ini berbeda jika kita bermain di arcade dimana posisi sticknya agak maju didepan sehingga datar dan tidak butuh palm rest seperti ketika bermain di console

Demikianlah ulasan kru KotGa bersama dengan anggota dari Indotekken, Leonardo setelah mencoba New Arcade FightStick PRO. Bagi gamers yang tertarik atau ingin memiliki arcade stick yang juga dipakai sebagai senjata tempur pro gamer seperti Xian maupun Tokido, kontroler ini bisa dibeli seharga Rp. 1,8 juta per unit.

Kesimpulan Review: New Arcade FightStick PRO
  • (+) KELEBIHAN
  • Favorit para pro gamer seperti MCZ Xian (Juara Street Fighter EVO 2013)
  • Fitur tombol turbo
  • Tombol Start dan Select ada di belakang
  • Tempat penyimpanan kabel khusus
  • Kabel yang panjang
  • Beban yang berat dan mantap
  • (-) KEKURANGAN
  • Ada gamer yang tidak cocok dengan posisi Hand rest dengan sudut menurun

(KotakGame)

source
XtiaN is offline   Reply With Quote