Go Back   Indotekken - Komunitas Fighting Game Indonesia > Others > Game Discussion



Reply
 
Thread Tools Display Modes
Old 10-11-2011, 07:46 PM   #1
Runemaster
Runeimus Prime
 
Runemaster's Avatar
 
Join Date: Jun 2005
Location: Sentul City
Posts: 3,036
Rep Power: 16 Runemaster is on a distinguished road
Default [ SOUL CALIBUR V ] --Game Mechanic



Thread tentang informasi SC V bisa dilihat di sini

---------------
METER SYSTEM
---------------
Untuk pertama kalinya di SC game, sekarang game ini pakek sistem meter, kayak di game2 StreetFighter. Meter dipake buat "EX" moves yang disebut Brave Edge (BE) dan "super attack" yg disebut Critical Edge.

Sekarang, penggunaan Guard Impact (GI) pun memakai meter, jadi udah gak bisa lagi spam GI atau GI wars seperti di SC2 dulu. Nope, sekarang mesti ati2, dan rewardnya pun lebih gede. GI cost 50% meter, walaupun whiffed.

-----------------
SPENDING METER
-----------------
Meter bisa diisi sampai 200%, (2x full bar).
CE cost 100%, BE cost 50%, berarti kalau bar penuh, bisa CE 2x atau BE 4x.

BE diperform dengan pencet A+B+K, nambah serangan dari serangan biasa.
CE seperti jurus ultra di streetfighter, ada cinematicnya dan damage gede. Diperform dengan pencet 236236 A+B+K+G.

GI diperform dengan pencet 4 A+B+K, cost 50% walau whiff..
Moves yg punya auto GI gak cost meter.

-----------------
BUILDING METER
-----------------
Good meter build:
Landing hits, counter-hits

Moderate meter build:
Just-guard, ukemi, landing blocked attacks, guarding attacks, breaking throw (little meter gain).

ZERO meter build:
Throws

Losing:
Kalo musuh udah menang 2 ronde, lu otomatis dikasih +100% meter buat comeback. Kalo sebelomnya lu punya 25%, ya sekarang jadi 125%

------------
JUST GUARD
------------
Baru pada defense system di SC5 adalah Just Guard.
Just guard diperform dengan pencet G disaat yg tepat. (Jadinya bukan holding G). So, mungkin bakalan mirip parry di SF3. Tidak seperti Guard Impact (GI) yg butuh meter, JG tidak butuh meter dan malah menaikkan meter bila diperform, memberi frame advantage, dan tidak mengurangi Soul Gauge. Seberapa sulit melakukan JG ini masih belum tau.

---------------
GUARD IMPACT
---------------
GI kini berbeda dengan GI di game2 SC sebelumnya. GI kini diperform dengan 4+A+B+K, dan menggunakan 50% meter, bahkan walau whiffed. GI kini bisa me-repel High, Mid, Low, Unblockable attacks & bisa connect dalam frame window yang lebih besar dari GI-GI sebelumnya. Juga melakukan GI dapat melukai Soul Gauge lawan.


---------------
GUARD BURST
---------------
Mengambil konsep yang sama seperti SC4, SC5 ada guard gauge nya yg berkurang pelan2 kalo kita ngeblock.
Kalo kebanyakan ngeblok dan break, karakter kita kena bakalan kena stun yg parah.
Ini disebut Guard Bursting.

Kalo di SC4, ini adalah kesempatan melakukan critical finish, maka disini kita dikasi kesempatan buat melakukan free damage selama musuh sedang kena stun parah selama 30 frame. Untuk mempermudah, kita dikasih hint; begitu kita berhasil guard bursting, game akan masuk ke slow motion, memberi tanda kepada kita kalo musuh lagi vulnerable. Silakan di rape.

Guard Bursting menggunakan indikasi warna pada lifebar, apakah bahaya di Guard Burst apa enggak.
Yellow flash: Close to Guard Burst
Red flash: In big danger of Guard Burst

Sepertinya SC5 di desain untuk aggresive play (GI jadi pake meter, guard burst) dan nge reward players buat melakukan hal2 teknikal kayak ukemi, just guard, etc.


----------------------
MULTI-TIERED STAGE
----------------------
SC5 sekarang juga punya multi tiered stage kayak Tekken, tapi implementasinya beda. Kalo di Tekken, diimplemen ditengah2 stage, jadi bisa menjadi part of gameplay combo, tapi enggak di SC5.
Di SC5, di beberapa stage yg multi tiered, kalau P1 me-ring out P2, maka pada ronde berikutnya P1 akan ikutan terjun ke bawah dan melanjutkan fight ronde berikutnya di stage bawahnya.

Jadi lebih ke segi estetis aja, gak ngaruh ke gameplay, animasi pindah stage akan diperlihatkan di transisi perpindahan ronde.


-------
Info ini diambil dari build TGS, jadi masih belum final dan masih bisa berubah.
Discuss!
Runemaster is offline   Reply With Quote
Old 15-11-2011, 07:51 AM   #2
Kentang
MD
 
Kentang's Avatar
 
Join Date: Jun 2005
Location: Metro Permata
Posts: 876
Rep Power: 13 Kentang is on a distinguished road
Default

bener2 ga ngerti loh gunanya sistem guard burst, Critical Finish, apapun sistem yg maksa utk main agresif dan menghukum org yg suka defense.

its like...whats wrong with holding G all the time...?

kan ga semua orang bisa main agresif brutal brak bruk gubrak gubrak, kl sistem ky gini selalu yg jd top tier tu karakter yg "cepet" dan bikin stun atau punya sejuta frame advantage, karakter lambat yg mengandalkan heavy damage/ring out jd dianak tirikan.

kan ada jg tipe player yg lemot...oh well, tokh sy cuma bisa "nrimo" dan menyesuaikan diri aja.

Last edited by Kentang : 15-11-2011 at 07:54 AM.
Kentang is offline   Reply With Quote
Old 15-11-2011, 08:23 AM   #3
Runemaster
Runeimus Prime
 
Runemaster's Avatar
 
Join Date: Jun 2005
Location: Sentul City
Posts: 3,036
Rep Power: 16 Runemaster is on a distinguished road
Default

Belum jelas apakah sistem Guard Break yg dipake di SC5 bakal semirip apa dengan SC4. Yg jelas tidak ada Critical Finish, info yg gue dapet hanya menjelaskan kalo nanti kita Guard Bursting, kita bisa dapet free damage buat masukin CE (Critical Edge) yg disini fungsinya seperti jurus2 ultra di Street Fighter games.

Soal terlalu fokusin ke rush gameplay yah kita liat aja nanti implemennya gimana. Kalo di SC4 juga Soul Gauge beda2 tiap karakter, karakter kayak Asta yg besar dan lambat itu gampang bikin ancur equipment walau nyerangnya gak sering.

Oh ya, ada tambahan info soal Multi-Tiered Stage, silakan baca di 1st post, gue edit.
Runemaster is offline   Reply With Quote
Old 15-11-2011, 08:52 AM   #4
Kentang
MD
 
Kentang's Avatar
 
Join Date: Jun 2005
Location: Metro Permata
Posts: 876
Rep Power: 13 Kentang is on a distinguished road
Default

mm, betul tp masalahnya char ky asta ga akan punya banyak kesempatan utk ancurin soul gauge, jurusnya yg bisa dipake cm segelintir, jd mnrt gw asta lebih efektif dipake utk RO ing sih daripada ngejar CF.

dimana utk baiting RO itu perlu kesabaran.....mana bisa sabar kalo soul gauge lu uda kelap kelip kaya lampu ultraman gt.. wkwk... prang...bubar deh semua.
Kentang is offline   Reply With Quote
Old 15-11-2011, 09:39 AM   #5
Runemaster
Runeimus Prime
 
Runemaster's Avatar
 
Join Date: Jun 2005
Location: Sentul City
Posts: 3,036
Rep Power: 16 Runemaster is on a distinguished road
Default

Gue update lagi soal info 1st post:
- Guard Bursting
- Just Guard
- Guard Impact

Jadi ternyata Guard Bursting tetep ngambil konsep yg sama dengan SC4...
Bedanya cuman di SC5 ga ada Critical Finish, jadi kalo Soul Gaugenya pecah, lu kena stun yg cukup lama dan ga bisa ngapa2in. = free damage.

Sebenernya ada 1 game mekanik baru buat defense, yaitu Just Guard. Just Guard gak cost meter, ngasi frame advantage kalo di perform (indicated by blue flash) dan pastinya gak bikin Soul Gauge turun.

Mungkin ini jawaban lu atas defense mechanic di SC5. JG dilakukan dengan pencet G disaat yg tepat. (Jadinya bukan holding G). So, mungkin bakalan mirip parry di SF3. Ada JG, ada GI. JG ga perlu meter, GI perlu meter dan cara mencetnya pun beda. Seberapa sulit timing yg diperlukan buat JG masih belum tau.
Runemaster is offline   Reply With Quote
Old 15-11-2011, 11:22 AM   #6
Runemaster
Runeimus Prime
 
Runemaster's Avatar
 
Join Date: Jun 2005
Location: Sentul City
Posts: 3,036
Rep Power: 16 Runemaster is on a distinguished road
Default

Quote:
Originally Posted by Kentang View Post
mm, betul tp masalahnya char ky asta ga akan punya banyak kesempatan utk ancurin soul gauge, jurusnya yg bisa dipake cm segelintir, jd mnrt gw asta lebih efektif dipake utk RO ing sih daripada ngejar CF.
Oh iya, disini gak ada CF lagi yg instant death, adanya CE (kayak jurus2 super di MVC atau ultra di SF4). Dan masukin CE itu bisa kapan aja sih, gak harus Guard Bursting.

CE bisa diimplemen lewat combo, misalnya Raphael, dari 33K:B yg bikin musuh airbone, bisa langsung perform CE sebelom musuh jatoh dan akan combo.

Guard Bursting cuman salah satu metode supaya player jangan terus2an turtling sepertinya. Kalau masih sama kayak SC4, Soul Gauge juga bisa recover dari kritis bila gak diserang atau bila si turtle menyerang.
Runemaster is offline   Reply With Quote
Old 16-11-2011, 09:49 AM   #7
Kentang
MD
 
Kentang's Avatar
 
Join Date: Jun 2005
Location: Metro Permata
Posts: 876
Rep Power: 13 Kentang is on a distinguished road
Default

sounds like fun, terutama JG n CE nya.

JG bole dibilang sbg pengganti GI dari soul series sebelumnya, perlu timing dan harus nebak/milih high guard / low guard. :D
Kentang is offline   Reply With Quote
Old 16-11-2011, 10:46 AM   #8
Runemaster
Runeimus Prime
 
Runemaster's Avatar
 
Join Date: Jun 2005
Location: Sentul City
Posts: 3,036
Rep Power: 16 Runemaster is on a distinguished road
Default

Tadinya gue juga mikir gitu.
Kalo JG segitu menguntungkannya (frame adv, doesn't cost meter, add own meter, doesn't hurt soul gauge) ngapain lagi kita perform GI?

Ternyata kata orang yg udah maen versi beta nya, performing JG timingnya susah, kira2 sesusah performing Just Impact di SC4. Kita liat aja ntar versi finalnya gimana.
Runemaster is offline   Reply With Quote
Old 16-11-2011, 12:22 PM   #9
vast haris
Master
 
vast haris's Avatar
 
Join Date: Mar 2008
Location: Medan
Posts: 695
Rep Power: 10 vast haris is on a distinguished road
Default

Kenapah di SC banyak kata "just just"-nya sih..??

Bahkan role ke samping kanan kiri juga pake "just just"-an....
vast haris is offline   Reply With Quote
Old 16-11-2011, 06:03 PM   #10
Runemaster
Runeimus Prime
 
Runemaster's Avatar
 
Join Date: Jun 2005
Location: Sentul City
Posts: 3,036
Rep Power: 16 Runemaster is on a distinguished road
Default

Istilah "Just" sih dari Tekken duluan, dari Just Frame.
Artinya yg input command yg butuh precise timing. Di SC4, perform Guard Impact itu lebih mudah dibandingkan perform Just Impact (JF versionnya Guard Impact).
Runemaster is offline   Reply With Quote
Reply
;

Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

vB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


All times are GMT +7. The time now is 09:35 PM.


Indotekken (http://www.indotekken.com/) adalah salah satu komunitas Game Fighting terbesar di Indonesia
Indotekken (http://www.indotekken.com/) merupakan situs Forum sebagai tempat kebebasan berekspresi dan berpendapat
namun teratur sesuai dengan hukum yang berlaku di Indonesia
Dengan berada di Forum ini, menyatakan bahwa anda sudah membaca dengan teliti isi dari persetujuan ini dan Anda menyatakan bahwa
Anda setuju untuk mematuhi peraturan-peraturan forum. Jika anda tidak menyetujui peraturan forum ini, maka anda tidak berhak berada di Forum ini


Powered by vBulletin®
Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.
Indotekken